PIK-M Pilar UM Metro Sukses Helat Seminar Kesehatan Reproduksi dan Pemilihan Duta Genre UM Metro Tahun 2018

UM Metro – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIK-M) Pilar, Universitas Muhammadiyah Metro sukses helat Seminar Kesehatan Reproduksi dan Pemilihan Duta Genre yang berlangsung di Aula gedung E Kampus I UM Metro, Minggu (25/3/18).

Kepada tim Pusat Media Humas, kader PIK-M Pilar UM Metro menerangkan bahwa dua acara yang bergulir pada hari Minggu (25/3/18) dan dibuka oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Drs. Jazim Ahmad, M.Pd. ini merupakan ajang pemilihan duta Genre untuk mewakili UM Metro di tingkat Propinsi dan Nasional beberapa waktu mendatang.

PIK-M Pilar UM Metro sebagai wadah kegiatan mahasiswa pada tanggal 25 Maret 2018 menyelenggarakan seminar tentang kesehatan reproduksi dan juga pemilihan duta mahasiswa yang akan mewakili UM Metro di tingkat propinsi Lampung dan tingkat Nasional,” ujar mereka.

Acara Seminar dan Pemilihan Duta Genre UM Metro ini juga dihadiri oleh peserta dari perwakilan SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat se-Kota Metro, mahasiswa UM Metro dan perwakilan mahasiswa di beberapa Perguruan Tinggi di Kota Metro. Selain nama-nama yang disebutkan diatas, acara ini juga turut diramaikan dengan kehadiran Duta Genre Propinsi Lampung tahun 2018.

Menurut keterangan yang dirilis oleh panitia pada Minggu (25/3/18), calon duta Genre yang berhasil masuk daftar finasilis berjumlah 21 orang yang merupakan perwakilan dari beberapa fakultas yang ada di lingkungan UM Metro seperti Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)  UM Metro.

21 calon duta Genre tersebut merupakan calon yang sudah terseleksi dari beberapa tahapan seleksi dan menyisihkan calon calon lain,” jelas mereka.

Sementara itu, Agus Wibowo, M.Pd, selaku pembina PIK-M Pilar UM Metro menjelaskan bahwa acara tersebut ditujukan untuk membawa nama baik UM Metro di tingkat Propinsi dan Nasional melalui Duta Genre.

“Acara ini bertujuan agar terpilihnya duta mahasiswa genre yang terbaik dan mampu membawa UM Metro semakin berkibar di level Propinsi Lampung dan Nasional,” kata Agus Wibowo, M.Pd.

Lebih lanjut, dosen Bimbingan dan Konseling FKIP UM Metro ini menegaskan, dibalik terselenggaranya ajang pemilihan duta Genre tersebut ada pesan yang mendalam, dimana menurutnya mahasiswa yang terlibat akan menjadi fasilitator dalam mengkampanyekan bahaya Narkoba, HIV/Aids dan perencanaan kehidupan berkeluarga.

“Melalui acara seminar dan pemilihan duta mahasiswa genre diharapkan mahasiswa dapat menjadi fasilitator kepada mahasiswa dan masyarakat terkait dengan bahaya Narkoba, HIV/AIDS, dan juga perencanaan kehidupan berkeluarga,” pungkasnya. (AL-BayurieHum)